Upaya Mencerdaskan Kehidupan Bangsa dan Negara Melalui Gerakan literasi.

Aktivitas baca anak-anak RT 14 dusun Webutak, desa Leuntolu/kecamatan Raimanuk

leuntolu.desa.id-Pemuda RT 14, dusun Webutak, desa Leuntolu, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timut (NTT) mendirikan rumah baca bagi anak-anak sekolah mulai dari pendidikan dasar 9 tahun hingga tingkat Sekolah Menengah Akhir (SMA).

Menurut salah satu pengagas Vicenty de Deus, rumah baca yang didirikan sejak 15 November 2018 lalu bertujuan untuk mempermudah anak-anak sekolah dalam memperoleh pengetahuan dan menanamkan budaya membaca sebagai suatu kebutuhan.

“Saya melihat bahwa selama ini banyak anak yang tidak memiliki buku bacaan, baik itu buku-buku pelajaran juga buku pengetahuan umum, Sementara minat baca mereka bisa di katakan cukup baik, oleh karena itu perlu adanya rumah baca yang bisa menyediakan buku bagi anak-anak disini.” Jelas Vicenty.

Ia juga menyampaikan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu mereka mulai dari proses pengadaan bahan untuk bangunan hingga proses pengadaan buku.

“Atasnama orang muda khususnya RT 14 saya menyampaikan limpah terimakasih kepda pihak-pihak yang sudah bersedia menyumbangkan buku bagi rumah baca kami, diantaraya, Komunitas Buku Bagi (BB) NTT Regio Malang,Ikatan Keluarga Belu (IKABE)Malang, Paroki St Maria Fatima Nurobo, dan pemerintahan desa Leuntolu”. Tuturnya.

Aktivitas baca anak-anak

Meskipun demikian, salah satu pengelola rumah baca Lentera, Dominggos mengkui masih kekurangan banyak buku, terutama buku-buku pelajaran mulai dari pendidikan dasar 9 tahun hingga Sekolah Menengah Akhir (SMA), dan buku pengetahuan umum bagi masyarakat.

“Kami masih kekurangan banyak buku pelajaran untuk anak sekolah, juga buku-buku pengetahuan umum, karena selain anak-anak sekolah, orang-orang muda dan sebagian orang tua juga masih suka membaca”. JelasNya.

Dominggos berharap, Kedepan bisa tercapai keinginan mereka untuk membaca berbagai jenis buku selain buku bagi anak-anak sekolah.

Pewarta : Andre Barros
Editor : Admin

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan